Kembaran Pembawa Berita Buruk Dalam Film tentang Doppelganger

41 - Kembaran Pembawa Berita Buruk Dalam Film tentang Doppelganger

Kembaran Pembawa Berita Buruk Dalam Film tentang Doppelganger

Kembaran Pembawa Berita Buruk Dalam Film tentang Doppelganger – Doppelgänger adalah penampakan dari wajah seseorang yang masih hidup, biasanya merupakan suatu pantulan. Doppelganger bukanlah suatu bayangan. Mereka biasanya terlihat oleh orang itu sendiri, karena Doppelgaenger merupakan sebuah pantulan. Doppelgaenger orang tersebut akan memberi nasihat seputar masa depan orang yang melihatnya. Biasanya, orang yang melihat Doppelgaenger akan mati beberapa tahun setelah ia didatangi oleh Doppelgaenger.

Kata Doppelgaenger yang diambil dari bahasa Jerman yang memiliki arti kurang lebih, dua orang yang memiliki wajah mirip meskipun tak memiliki ikatan darah. Namun, yang membuat menarik dari istilah ini karena ada mitos yang berkembang jika ada orang yang bertemu doppelgänger-nya dia akan mengalami nasib buruk. Bahkan itu bisa jadi pertanda kematian.

Mitos inilah yang menginspirasi industri layar lebar membuat login idn poker online film tentang doppelgänger. Nah, untuk lebih tahu lagi dan merasakan seramnya mitos doppelgänger, di bawah ini ada lima rekomendasi film tentang doppelgänger yang patut untuk ditonton bagi kamu yang tidak tahu mau ngapain liburan tahun baru kali ini.

1. The Broken (2008)

The Broken rilis pada 18 Januari 2008 di Festival Film Sundance. Film ini berkaitan dengan dunia paralel dari cermin. Cerita berpusat pada Gina, diperankan oleh Lena Headey, seorang ahli radiologi sukses yang mengalami kejadian aneh setelah memeriksa pasien dengan organ tubuh terbalik, seperti sedang melihatnya dari pantulan cermin.

Setelah pemeriksaan itu, ia kemudian bertemu dengan orang yang dari wajah dan penampilan sama dengannya. Karena penasaran Gina pun mengikuti sampai di rumah si peniru, ia menemukan fakta yang mengejutkan yang membuat pikirannya kacau. Hingga saat pulang ia mengalami kecelakaan dan akhirnya mengalami hilang ingatan.

Lantas kejadian aneh terus terjadi, terutama pada orang-orang di sekitarnya. Gina akhirnya mulai menyelidiki kecelakaan yang pernah menimpanya. Ia pergi ke rumah doppelgänger-nya lagi. Di sana Gina menemukan mayat orang yang mirip dengannya. Saat itu juga ia ingat segala kejadian sebelum kecelakaan terjadi. Gina kemudian melakukan rontgen dirinya dan ternyata memiliki organ yang terbalik, sama seperti pasien yang pernah ia periksa dulu.

Dari sini kamu pasti akan bertanya-tanya siapa Gina yang ini, ‘kan?

2. Enemy (2013)

Film ini sebenarnya berdasarkan dari novel Jose Saramago yang berjudul The Double. Meski begitu jalan ceritanya cukup berbeda dari novelnya. Enemy menceritakan tentang seorang guru sejarah bernama Adam Bell, diperankan oleh Jake Gyllenhaal, yang merasa hidupnya membosankan. Hingga suatu saat Adam melihat aktor figuran yang memiliki wajah sama dengannya pada film yang direkomendasikan oleh rekan kerjanya.

Karena terlalu mirip, jadi Adam mulai mencari tahu tentang siapa itu Anthony, masih diperankan oleh Jake Gyllenhaal. Namun, pertemuan itu malah membuat Adam berpura-pura jadi Anthony dan begitu pun sebaliknya. Hingga Anthony dan Mary, pacar Adam yang diperankan oleh Melanie Laurent, mengalami kecelakaan saat pulang dari liburan romantisnya. Lalu Adam pun kembali ke rumah Anthony untuk menemui Helen, istri Anthony. Di sinilah ada plot twist yang akan membuatmu berpikir dan bertanya-tanya tentang maksud dari film ini.

Enemy, cocok ditonton untuk kamu yang suka dengan film yang penuh teka-teki dan jika kamu ingin mendapat jawaban, sepertinya butuh menonton film ini lebih dari dua kali.

3. The Double (2014)

The Double rilis pada 4 April 2014 di Inggris. Film ini menceritakan seorang karyawan yang merasa tertindas di tempat kerja, bernama Simon, diperankan oleh Jesse Eisenberg. Suatu hari di tempat kerjanya ada karyawan baru bernama James, masih diperankan oleh Jesse Eisenberg, yang mirip dengannya, tapi memiliki karakter yang jauh berbeda. Semua teman kantor bahkan bosnya menyukai James. Hal ini membuat Simon kesal. Dia semakin kesal karena tak ada yang menyadari bahwa dirinya dan James memiliki kemiripan.

James menyadari perasaan kesal dan kecewa Simon. Lalu ia membantunya, bahkan berusaha untuk mendekatkan Simon dengan Hannah, diperankan oleh Mia Wasikowska. Namun, itu malah membuat hidup Simon semakin runyam dan menyeramkan. Mulai dari sini kamu pasti akan berpikir siapakah Simon dan James. Apakah benar James adalah doppelgänger-nya Simon atau itu hanya kepribadian Simon yang lain?

Nah, untuk mencari tahu alangkah baiknya kamu menonton film yang berdasar dari buku Fyodor Dostoyevsky ini.

4. Cam (2018)

Cam, film Netflix yang rilis pada tahun 2018 ini menceritakan seorang wanita bernama Alice Ackerman, di perankan oleh Madeline Brewer, yang bekerja sebagai camgirl di situs FreeGirlsLive dengana nama Lola. Dia sangat terobsesi dengan peringkat satu, sehingga selalu membuat konten yang kontroversial.

Suatu hari Alice tidak bisa login ke akunnya. Tapi, Lola saat itu aktif dan sedang melakukan siaran langsung. Hal ini tentu membuatnya panik. Apalagi saat ia melihat siaran langsung itu, ada orang yang mirip dengannya di layar kaca. Alice kemudian mencari tahu dan akhirnya menemukan fakta bahwa banyak camgirl yang telah di gantikan oleh doppelgänger-nya. Lalu ia membuat upaya untuk mengambil lagi akunnya dengan menantang si Lola palsu melakukan hal-hal yang extrem.

Film ini tidak terlalu membuat bingung seperti Enemy atau The Double. Namun, scene di film ini tidak cocok untuk anak remaja. Jadi jika kamu masih di bawah umur tolong jangan coba menontonnya, ya. Bijaklah memilih tontonan, kawan!

5. Us (2019)

Us, rilis pada 22 Maret 2019 di Amerika Serikat. Adelaide Thomas, di perankan oleh Lupita Nyong’o, sewaktu kecil pernah bertemu dengan doppelgänger-nya sewaktu liburan ke Santa Cruz Beach Boardwalk  bersama orangtuannya. Hal ini mempengaruhinya hingga dewasa. Saat ia berlibur bersama suami serta anaknya, Adelaide sangat khawatir dengan kejadian di masa lalu.

Keraguan Adelaide terbukti ketika mereka kedatangan tamu sebuah keluarga yang wajahnya mirip dengan anggota keluarganya. Namun, sifat mereka beringas seperti hewan. Bahkan tidak bisa bicara, hanya Red, doppelgänger atau di film ini di sebut Tethered, yang bisa bicara dengan suara serak. Keluarga Adelaide pun harus melawan Tethered yang mencoba membunuh mereka. Hingga akhirnya Adelaide menemukan sebuah tempat yang menguak fakta apa itu Tethered yang sebenarnya, juga tujuan mereka menyerang manusia.

Film Us sangat menegangkan dan cocok untuk kamu yang suka genre horor, misteri, dan trhriller. Kamu akan di buat merinding dengan aksi para pemain yang memerankan dua peran yang sangat bertolak belakang ini. Selain itu, apa kamu tidak penasaran dengan apa itu Tethered?

Oke, itulah lima film yang mengambil ide dari mitos doppelgänger yang bisa kamu tonton bersama teman atau keluarga saat liburan akhir tahun nanti. Mana, nih, yang membuatmu tertarik untuk menonton? Yang penuh teka-teki seperti Enemy atau teror menyeramkan seperti Us?